December 21, 2018 Ex Angelia Salim

Apa Itu Plastik Oxium?

Permasalahan sampah plastik bukan lah hal baru. Namun, hal itu belum terselesaikan hingga saat ini, bahkan cenderung memburuk. Di beberapa kota besar bahkan komposisi sampah plastik mencapai sekitar 17 persen. Dengan demikian yang harus dilakukan saat ini adalah mempercepat proses penguraian plastik, yang awalnya ribuan tahun jadi bisa lebih singkat

Produk plastik yang ditambahkan Oxium. Oxium merupakan aditif yang dapat mempercepat terjadinya proses degradasi plastik dalam waktu 2 tahun melalui oksidasi, thermal, dan fotodegradasi.

Pada plastik berteknologi Oxium, proses degradasi terjadi dalam dua tahapan, yaitu secara oksidasi kemudian secara biodegradasi. Di tahap oksidasi dengan bantuan panas, sinar matahari, tekanan-tekanan lainnya yang terjadi di alam, rantai molekul hidrokarbon plastik dan kimia yang sangat panjang mengalami pemutusan sehingga berat jenis plastik tersebut juga turun drastis. Degradasi ini sangat berbeda dengan fragmentasi, dimana pada fragmentasi hanya terjadi pemecahan secara fisik.

Setelah tahap oksidasi tersebut terjadi, plastik bukan lagi plastik tetapi menjadi partikel alami yang dapat dimakan mikroba. Mikroba akan memakan dan mengolah plastik yang telah teroksidasi ke tahap biodegradasi sehingga menjadi CO2, H2O dan biomassa. Sisa biomassa sudah diuji untuk dimakan cacing, menanam tanaman tomat, juga di dalam air dan terbukti tidak beracun sama sekali.

Best Fresh menyediakan kantong belanja yang terbuat dari plastic oxium loh! Dengan mengganti kantong plastic konvensional ke plastik oxium merupakan suatu langkah yang sangat baik untuk lingkungan, bukan?

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,