October 30, 2018 Ex Angelia Salim

Pembuangan Makanan: Penghasil Terbesar Gas Emisi Rumah Kaca

 

Emisi adalah zat, energi atau komponen lain yang dihasilkan dari suatu kegiatan yang masuk atau dimasukkannya ke dalam udara yang mempunyai atau tidak mempunyai potensi sebagai unsur pencemar.

Salah satu kontributor emisi gas karbon dioksida adalah industri makanan. Makanan membusuk menciptakan lebih banyak metana, salah satu penyebab gas rumah kaca yang paling berbahaya. Besarnya jumlah makanan terbuang ke tempat pembuangan sampah, secara signifikan berkontribusi terhadap pemanasan global yang terjadi selama ini.

Hal yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk mengurangi masalah ini adalah seperti:

  • Memproduksi makanan sesuai dengan yang kita konsumsi. Dengan ini, akan mengurangi jumlah pembuangan makanan.
  • Mengurangi konsumsi daging. Cobalah batasi konsumsi daging menjadi hanya beberapa kali dalam seminggu. Karena industri daging menggunakan banyak energi untuk proses produksi.
  • Perbanyak gunakan produk lokal! Membeli makanan atau barang lain yang dihasilkan secara lokal akan mengurangi jejak karbon. Biasakan untuk belanja makanan di pasar tradisional.

Melakukan perubahan kecil lebih baik dari tidak melakukan perubahan apapun. Semua perubahan hanya dapat dimulai dari diri kita sendiri dan akan merambat ke orang-orang terdekat dan menerus ke kelompok orang yang lebih besar.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,