November 12, 2018 Ex Angelia Salim

Sampah Elektronik Berbahaya Bagi Lingkungan?

 

Sampah elektronik atau yang dikenal juga dengan istilah e-waste merupakan peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan dan dibuang. Sampah elektronik terdiri dari material yang tidak bisa diurai oleh alam dan butuh penanganan khusus. Jika tidak, sampah elektronik akan menjadi sangat berbahaya bagi lingkungan karena:

  1. Mencemari lingkungan

Sampah elektronik mengandung zat berbahaya yang bersifat toksik dan dapat terserap ke tanah. Dimana berpotensi mencemari air yang dampaknya dapat kita rasakan.

  1. Sangat beracun

Kandungan racun nya dikategorikan sebagai limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) karena mengangung substansi seperti timbal, merkuri, dan cadmium. Jika sampai ke tubuh, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal dan otak.

  1. Berbahaya jika terbakar

Senyawa-senyawa kimia dalam sampah elektronik ketika dibakar dapat membuat senyawa baru yang lebih berbaya. Senyawa baru tersebut bisa dengan mudah terbawa udara dan mengkontaminasi.

Jadi, sebaiknya tidak membuang sampah elektronik sembarangan. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah sepeti menjualnya, ataupun membuangnya dengan cara yang benar, seperti membuangnya ke bank sampah di sekitar kita.

Langkah lainnya untuk membantu lingkungan kita adalah dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan dan mudah terurai, seperti produk-produk kemasan yang Best Fresh sediakan.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,